. Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Peningkatan
Prestasi Belajar
Pendidikan merupakan suatu proses yang
memerlukan kerjasama dari beberapa komponen yang saling mempengaruhi.
Salah satu komponen yang harus diperhatikan dan memegang peranan penting dalam
proses belajar mengajar di sekolah adalah adanya sarana dan prasarana yang
lengkap, termasuk di dalamnya adalah adanya perpustakaan sekolah. Peran yang
dapat diberikan oleh perpustakaan diantaranya melalui peminjaman buku-buku yang
diperlukan oleh siswa. Buku-buku tersebut tentunya tidak sebatas pada buku-buku
pelajaran, akan tetapi juga buku-buku lain yang dapat menunjang proses belajar
siswa. Peminjaman buku-buku yang diperlukan ini sangat membantu proses belajar
mengajar di dalam kelas. PBM menjadi lebih efektif karena guru sudah tidak
perlu lagi mencatat di depan kelas. Guru tinggal mengulas pelajaran dan
merangsang siswa dengan pertanyaan-pertanyaan.
Perpustakaan sekolah juga dapat meningkatkan
cara pengajaran guru yaitu melalui penggunaan koleksi yang ada sebagai media
pengajaran. Koleksi yang ada di perpustakaan sangat membantu guru dalam
mempersiapkan pengajarannya dengan baik. Selain itu perpustakaan juga dapat
mendorong para guru untuk memberikan tugas kepada para siswa dalam mencari
suatu informasi ke perpustakaan. Hal inilah yang nantinya akan mendorong siswa
untuk belajar dan mencapai hasil yang baik, serta meningkatkan kepercayaan diri
siswa untuk mandiri dalam mencari informasi. Ini salah satu bukti bahwa secara
langsung maupun tidak langsung perpustakaan sekolah berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa.
Hal lain yang tak kalah penting sehubungan
dengan peran perpustakaan di sekolah adalah kualitas tingkat kunjungan siswa.
Kualitas kunjungan ini dapat dilihat dari aktivitas yang dilakukan oleh para
siswa ketika mereka mengunjungi perpustakaan; apakah mereka membaca, meminjam,
melihat-lihat buku, ataukah hanya mengobrol dengan sesama siswa. Biasanya
sebagian besar bahan bacaan yang dibaca di perpustakaan adalah bahan-bahan
pustaka yang tidak dapat dipinjamkan (seperti: kamus, koran, majalah, dan
ensiklopedi). Sedangkan bahan bacaan yang sering dipinjam adalah bahan pustaka
non fiksi. Hal tersebut dikarenakan untuk buku-buku pelajaran sudah dipinjamkan
secara paket selama satu semester. Aktivitas yang dilakukan oleh para siswa
ketika di perpustakaan dengan membaca merupakan salah satu indikator bahwa
perpustakaan memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah sekolah. Karena
dengan membaca dan memahami buku, pengetahuan siswa, terutama pengetahuan dan
penguasaan bahan pelajaran akan bertambah. dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara akademis dengan memamfaatkan perpustakaan sekolah secara efesian dapat meningkatkan mutu dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik dalam ningkakan prestasinya secara langsung dan berkesinambungan selalu menjadikan perpustakaan sebagai sumber dan pusat belajar yang edukatif dan inovatif
Komentar
Posting Komentar