BAHAN AJAR.1
Satuan Pendidikan :Madrasah
Diniyah Awaliyah Masjid Darul Muttaqin
Mata pelajaran :Al
Quran
Kelas / semester :
IV / I
Standar kompetensi :Hafal
Surah At Tiin
Kompetensi Dasar :
v
Membaca Dengan Mahrijul huruf yang tepat dan tajwid Yang benar
v
Menulis Kembali Surah at Tiin dan terjemahan kedalam bahsa Indonesia
v
Menghafal surah At Tinn dengan lancar
v
Menjelaskan kandungan surah At tiin secara sederhana
Indikator
Ø
Membaca Dengan Mahrijul huruf yang tepat dan tajwid Yang benar
Ø
Menulis Kembali Surah at Tiin dan terjemahan kedalam bahsa Indonesia
Ø
Menghafal surah At Tinn dengan lancar
Ø
Menjelaskan kandungan surah At tiin secara sederhana
Tujuan Pemebalajaran
Peserta didik mampu
1.
Membaca Dengan Mahrijul huruf yang tepat dan tajwid Yang benar
2.
Menulis Kembali Surah at Tiin dan terjemahan kedalam bahsa Indonesia
3.
Menghafal surah At Tinn dengan lancar
4.
Menjelaskan kandungan surah At tiin secara sederhana
Uraian
Materi
Pesan Allah dalam surah at- Tin
Perhatikan gambar di bawah ini dan
ungkapkan apa pendapatmu!
(Sumber : http://www.jurnalaqidah.net
)
Al-qur;an menjelaskan bahwa di hari kiamat nanti rasulullah
saw. Akan mengadu kepada Allah
Al-furqan [25] :30).
وَقَالَ الرَّسُولُ
يَا رَبِّ إِنَّ قَوْمِي اتَّخَذُوا هَٰذَا الْقُرْآنَ مَهْجُورًا
Artinya :”Berkatalah Rasul: "Ya
Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah menjadikan Al Qur'an ini suatu yang di
abaikan (mahjura)".
Kata mahjura menurut Ibnu qoyim
tersebut di antaranya :
1. Tidak tekun
mendengarkannya
2. Tidak mengindahkan
halal dan haram walau dipercaya dan di baca
3. Tidak menjadikan
rujukan dalam menetapkan hukumyang menyangkut prindip ajaran agama dan
perinciannya .
4. Tidak berupaya
memahami apa yang di kehendaki Allah yang menurunkannya
5. Tidak menjadikan
obat bagi yang mempunyai penyakit rohani.
Bukankah kalian tidak mau
termasuk kepada orang yang di dadukan rasulullah saw.? Jika demikian pelajari
dan pahami dan apalkan Al- quran dalam kehidupan ini.. dalam pembahasan kali
ini kalian akan membahas pembelajaran Alquran yaitu surah At-Tin
dengan benar. Menjelaskan makna dengan benar dan mengamalkan pesan –pesan pokok
dari QS.At-Tin.
A.
Q.S. At-Tin 1-8
Membaca dengan tartil Q.S.
At-Tin 1-8
بِسۡمِ
ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ (١)
وَطُورِ سِينِينَ (٢) وَهَـٰذَا ٱلۡبَلَدِ ٱلۡأَمِينِ (٣) لَقَدۡ خَلَقۡنَا
ٱلۡإِنسَـٰنَ فِىٓ أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٍ۬ (٤) ثُمَّ رَدَدۡنَـٰهُ أَسۡفَلَ
سَـٰفِلِينَ (٥) إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ
فَلَهُمۡ أَجۡرٌ غَيۡرُ مَمۡنُونٍ۬ (٦) فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعۡدُ بِٱلدِّينِ
(٧) أَلَيۡسَ ٱللَّهُ بِأَحۡكَمِ ٱلۡحَـٰكِمِينَ (٨)
B.
Terjemah (ARTI) Surah
At-Tin per ayat
Dalam bahasa inggris tin
diterjemahkan menjadi timah
وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ (١)
Demi [buah] Tin dan [buah] Zaitun
[1],
وَطُورِ سِينِينَ (٢)
dan demi bukit Sinai [2],
وَهَـٰذَا ٱلۡبَلَدِ ٱلۡأَمِينِ (٣
dan demi kota [Mekah] ini yang aman,
(3)
لَقَدۡ خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ فِىٓ
أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٍ۬ (٤)
sesungguhnya Kami telah menciptakan
manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. (4)
ثُمَّ رَدَدۡنَـٰهُ أَسۡفَلَ
سَـٰفِلِينَ (٥)
Kemudian Kami kembalikan dia ke
tempat yang serendah-rendahnya [neraka], (5)
إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ
وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ فَلَهُمۡ أَجۡرٌ غَيۡرُ مَمۡنُونٍ۬ (٦)
kecuali
orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala
yang tiada putus-putusnya. (6)
فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعۡدُ بِٱلدِّينِ
(٧)
Maka
apakah yang menyebabkan kamu mendustakan [hari] pembalasan sesudah [adanya
keterangan-keterangan] itu? (7
أَلَيۡسَ ٱللَّهُ بِأَحۡكَمِ
ٱلۡحَـٰكِمِينَ (٨)
Bukankah Allah Hakim yang
seadil-adilnya? (8)
C.
Terjemah Perkata (mufrodat) Surat
At-Tin
No
|
Mufrodat
|
Arti
|
No
|
Mufrodat
|
Arti
|
1
|
وَٱلتِّينِ
|
Demi buah tin
|
20
|
امَنُو
|
Mereka beriman
|
2
|
وَٱلزَّيۡتُونِ
|
Demi buah zaitun
|
21
|
وَعَمِلُو
|
Dan mereka melakukan
|
3
|
وَطُورِ
|
Demi bukit Tur
|
22
|
اْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ
|
Kebajikan/amalan soleh
|
4
|
سِينِينَ
|
Gurun sinai
|
23
|
فَلَهُمۡ
|
Maka bagi mereka
|
5
|
وَهَـٰذَا
|
Dan demi
|
24
|
اأَجۡرٌ
|
pahala
|
6
|
ٱلۡبَلَدِ
|
negeri
|
25
|
غَيۡرُ
|
tidak
|
7
|
ٱلۡأَمِينِ
|
Yang aman
|
26
|
مَمۡنُونٍ۬
|
Putus-putus
|
8
|
لَقَد
|
sesunggunnya
|
27
|
فَمَا
|
Maka apa sebabnya
|
9
|
خَلَقۡنَا
|
Kami telah menciptakan
|
28
|
يُكَذِّبُكَ
|
Mereka mendustakan mu
|
10
|
ٱلۡإِنسَـٰنَ
|
manusia
|
29
|
بَعۡدُ
|
setelah
|
11
|
فِى
|
Dalam
|
30
|
بِٱلدِّينِ
|
Adanya /datang agama
|
12
|
أَحۡسَن
|
Paling baik
|
31
|
أَلَيۡسَ
|
bukankah
|
13
|
تَقۡوِيمٍ۬
|
bentuk
|
32
|
ٱللَّهُ
|
Allah
|
14
|
ثُمَّ
|
kemudian
|
33
|
بِأَحۡكَمِ
|
Paling bijaksana
|
15
|
رَدَدۡنَـٰهُ
|
Kami kembalikan
|
34
|
ٱلۡحَـٰكِمِينَ
|
hakim
|
16
|
أَسۡفَلَ
|
Paling rendah
|
|||
17
|
سَـٰفِلِينَ
|
Serendah rendahnya
|
|||
18
|
إِلَّا
|
kecuali
|
|||
19
|
ٱلَّذِينَ
|
Orang-orang
|
D. Hukum Tazwid Q.S At-Tin 1-8
No
|
Mufrodat
|
No
|
Mufrodat
|
||
1
|
وَٱلتِّينِ
|
1. Alif
lam syamsiayah
2.Mad thobii
|
16
|
إِلَّا
|
musadad
|
2
|
وَٱلزَّيۡتُونِ
|
1.alif lam syamsiyah
2 mad lin
3.mad arid lisukun
|
17
|
ٱلَّذِينَ
|
Mad thobi i
|
3
|
وَطُورِ
|
Mad thobii wau
|
18
|
امَنُو
|
Mad thobi i wau
|
سِينِينَ
|
Mad thobii Iya
Mad ari lisukun |
19
|
وَعَمِلُو
|
||
4
|
وَهَـٰذَا
|
20
|
اْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ
|
Lif lam komariyah
Mad badal
Mad badal
|
|
5
|
ٱلۡبَلَدِ
|
Alif lam qomariyah
|
21
|
فَلَهُمۡ اأَجۡرٌ
|
Idhar safawi
|
6
|
ٱلۡأَمِينِ
|
Alif lam qomariyah
Mad ard lisukun |
Qolqolah sugro
|
||
7
|
لَقَد
|
qolqolah
|
22
|
غَيۡرُ
|
|
8
|
خَلَقۡنَا
|
23
|
مَمۡنُونٍ۬
|
Mad arid li sukun
|
|
9
|
ٱلۡإِنسَـٰنَ
|
Alif lam qomariyah
Mad badal |
24
|
فَمَا
|
Mad thobi i
|
10
|
فِى
|
Maz jaiz
|
25
|
يُكَذِّبُكَ
|
musadad
|
11
|
أَحۡسَن
|
26
|
بَعۡدُ
|
||
12
|
تَقۡوِيمٍ۬
|
qolqolah
|
27
|
بِٱلدِّينِ
|
musadad
|
13
|
ثُمَّ
|
gunah
|
28
|
أَلَيۡسَ
|
Mad lin
|
14
|
رَدَدۡنَـٰهُ
|
Qolqolah sugro
Mad badal |
29
|
ٱللَّهُ
|
Wajib tafhim lapad allah
|
15
|
سَـٰفِلِينَ
|
Mad thobi i
|
30
|
ٱلۡحَـٰكِمِينَ
|
Alif lam qomariyah
Mad thobii Mad arid lisukun |
E.
Pesan
pokok surah At-Tin
Dalam surah At-tin di uraikan jenis manusia potensi baik dan
buruknya dan jika ingin mengembangkan potensinya baiknya adalah wajar jika
mereka menjadikan Nabi muhamad saw .yang merupakan insane kamil sebagai suri
tauladan serta mengikuti petunjuk petunjuk Allah yang selama ini telah
menurunkan wahyu kepada para nabi .
Di dalam surah At-tin ada beberapa pesan pokok
tersebut yaitu :
a. Jika ingin menjadi manusia maka
wajib hukumnya untuk meneladani akhlak Rusulullah
b. Manusia harus menyukuri semua
karunia dari Allah, termasuk akal dan nafsu . karena dua potendi tersebut
manusia dapat hidup berkembang dan mampu mengendalikan hidupnya.
c. Manusia harus beriman terhadap semua
keterangan (wahyu) uyang di turunkan melalui para rasul.manusia juga harus
mengerjakan kebajikan .jika ia tidak ingin jatuh kejurang kehinaan
(neraka) dan kesengsaraan .
d. Pahala bagi orang-orang yang beriman
dan beramal saleh itu tidak akan pernah putus .pahala itu akan akan tetap
mengalir walaupun ia sudah meninggal dunia .
e. Hari pembalasan sudah pasti
datang dan setiap manusia harus mempertanggungjawabkan perbuatannyan di
hadapan Allah swt
f. Allah itu hakim yang maha adil .
Allah itu tidak akan menzalimi hambanya.
F. Uji Kompetensi :
I.
PILIHAN GANDA
Pilihlah jawaban yang
paling tepat !
a. Makiyah
b. Madaniyah
c. Kurdiyah
d. Syuriyah
2.
Lapad غَيۡرُ
مَمۡنُونٍ۬ di artikan
a. tidak terputus putus
b. berjalan terus
c. tiada henti
d. semuanya benar
3. Hukum bacaan dibawah ini yang
.mengandung hukun bacaan mad jaiz munfasil
a.
لَقَدۡ خَلَقۡنَا
b أَحۡسَنِ
c. خَلَقۡنَا
ٱلۡإِنسَـٰنَ
d. أَسۡفَلَ
سَـٰفِلِينَ
4. Bacaan yang mengandung hukum bacaan ihfa.
a. خَلَقۡنَا ٱلۡإِنسَـٰنَ
b. وَطُورِ سِينِينَ
c. قَدۡ خَلَقۡنَا
d. وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيۡتُونِ
5. Tafsir
dari lapad ٱلۡبَلَدِ adalah....
a. Kota mekah
b. Negeri makah
c. daerah mekah
d. jajirah arab
6.
Lapad أَحۡسَنِ تَقۡوِيمٍ۬ diaetikan mahluk tang sangay sempurna arau
mahluk yang sangat bagus dalam
bentuknya karena memiliki tiga hal yakni :
a.
Nafsu
b.
Hati
c. Akal
d. benar semua
7. Ada beberapa arti dari kata Tin yang ditafsirkan sebagai……
a. Pohon/buah
ara
b.
timah
c. Salah
satu bukit di damaskus
d. betul semua
8. Lapad غَيۡرُ مَمۡنُونٍ۬ di artikan
a. tidak terputus putus
b. terputus
c.
abadi
d. sesaat
9. Lapad زَّيۡتُونِ selain ditafsirkan sebagai buah zaitun
juga ditafsirkan sebagai tempat di sebuah
gunung di yerusalem tempat Nabi Isa As di selamatkan dari usaha
pembunuhan.
a. jabal
Ro’si
b. al-quds
c. jabal
Rahmah
d.jabal Nur
10. Hukum bacaan yang terdapat pada lapad ٱلۡإِنسَـٰنَ
yakni :
a. Alif lam
qomariyah
b. Mad
badal
c .( a dan b)
betul
d. (a dan b )
salah
11. Lapad عَمِلُو ditafsirkan
11. Lapad عَمِلُو ditafsirkan
a. amal
b.suatu aktivitas
c. sesuatu perbuatan yang di sengaja
d. semua benar
12.ilmu Al-qur;an yang membahas
mengenai latar belakang atau sebab-sebab suatu atau beberapa ayat
Al-qur;an diturunkan disebut
a. ilmu
tafsir
b. terjemah
c. asbabul Nuzul
d. salah semua
13. Setelah hancurnya sistem kekhalifahan,
kota mekah ini disatukan di bawah pemerintahan arab Saudi oleh ………………kemudian menjadi pelayan
bagi kedua kota suci islam Mekkah dan Madinah
a. Abdul azis bun Suud
b. Aisah
c.
Ummayah
d, Abbasyah
14. Sebagai penduduk pertama kota mekah
yakni….
a.
Ibrahim
b. Nabi ismail dan hajar
c. abdul mutholib
d. abdul azzis
15.ada beberapa tempat- tempat sangat
sakral di kota makkah kecuali
a.
ka’bah
b. masjidil
harom
c. air
zam-zam
d. madinah
16. Surat at-Tin merupakan termasuk
kedalam kelompok Surat Makiyyah merupakan wahyu ke………………
a.
27
b.
28
c. 82
d. 29
17. Surah At-Tin terdiri
dari……………………
a. 8 ayat berada dalam Juz ke
30
b. 7 ayat berada dalam Juz ke
30
c. 9 ayat berada dalam Juz ke 30
d. 6 ayat berada dalam Juz ke 30
Komentar
Posting Komentar